Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan

Jenis perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan. Perkembangbiakkan secara vegetatif ini dapat dilakukan dengan cara menanam bagian dari tubuh induknya.

Jadi, bagian-bagian tubuh pada tumbuhan, seperti batang, umbi, akar tinggal, geragih, tunas maupun daun ini akan ditanam untuk proses perkembangbiakan.

Perkembangbiakan vegetatif ini dapat berlangsung secara alami maupun buatan. Perkembangbiakan vegetatif buatan merupakan teknik perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan dengan bantuan manusia.

Tujuan dari perkembangbiakan vegetatif buatan ini adalah untuk meningkatkan mutu dan jumlah hasil.

Kita tahu bahwa, beberapa tumbuhan berbiji ini akan menghabiskan waktu yang lama untuk berbuah.

Nah, untuk menyiasati supaya tumbuhan dapat cepat berbuah, maka manusia melakukan cara perkembangbiakan vegetatif buatan.

Tak hanya untuk menuai hasil panen lebih cepat, perkembangbiakan secara vegetatif buatan ini bisa menjadikan sifat anak sama dengan sifat induknya.

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari stek, cangkok, okulasi (menempel), merunduk dan enten (menyambung).

Berikut ini penjelasan masing-masing jenis perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan, yaitu:

1. Stek

Stek ini dapat dilakukan dengan cara menanam bagian potongan tumbuhan, dimana bagian potongan tumbuhan yang dipotong ini dapat berupa batang, daun maupun akar. Terdapat tiga macam stek, yaitu ada stek batang, stek daun dan juga stek akar.

2. Cangkok

Cangkok merupakan cara perkembangbiakan pada tumbuhan yang dapat dilakukan dengan menanam batang atau dahan yang diusahakan berakar terlebih dahulu sebelum dipotong dan ditanam di tempat lain.

Perkembangbiakan vegetatif dengan cara mencangkok ini bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya dan cepat menghasilkan.

Tetapi, tidak semua tumbuhan bisa dicangkok dan tumbuhan yang bisa dicangkok hanyalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka.

Mencangkok biasanya dilakukan pada tanaman yang berkambium. Contoh: tanaman mangga, jambu air, dan rambutan.

Cara melakukan cangkok ini cukup mudah, yaitu dengan menguliti bagian batang yang berkambium lalu menempelkan tanah yang dibungkus dengan menggunakan serabut kelapa atau plastik. Selanjutnya, lubangi plastik untuk menyuplai oksigen.

3. Okulasi

Menempel atau okulasi ini adalah cara perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon beserta mata tunas dari batang atas, sehingga dapat tumbuh dan bersatu membentuk individu baru.

4. Merunduk

Merunduk ini dapat dilakukan pada cabang tumbuhan yang menjalar. Cabang yang dirundukkan dan ditimbun tanah, kemudian akar akan tumbuh dari cabang yang tertimbun tanah. Jika akar sudah banyak, maka cabang dapat dipotong dari induknya.

5. Enten

Enten atau menyambung merupakan cara mengembangbiakan tanaman dengan cara menyambungkan bagian pucuk dahan atau pohon ke dahan yang lain tanaman yang sejenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *