Tanaman Kratom Rencana Jadi Peluang Ekspor Oleh Kemendag, Kenali Tanamanya di Sini!

Kementerian Perdagangan Indonesia telah mengungkapkan rencananya untuk mengeksplorasi potensi ekspor tanaman herbal kratom.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional di Kemendag, Didi Sumedi, menyatakan bahwa pasar ekspor untuk kratom sangat besar, terutama dengan permintaan yang tinggi dari Amerika.

Didi Sumedi mengatakan, “Pasarnya terbuka, terutama di Amerika yang merupakan pasar terbesar.”

Namun, saat ini pemerintah perlu memahami lebih dalam mengenai kandungan dari tanaman kratom ini.

Hal ini akan melibatkan berbagai instansi, termasuk Kementerian Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dia menambahkan, “Kami akan melaksanakan aturan yang sesuai jika diperlukan, seperti izin dari Kementerian Kesehatan atau rekomendasi lainnya.”

Didi Sumedi juga mengungkapkan keyakinannya bahwa produksi kratom di dalam negeri saat ini sudah cukup besar, terutama di wilayah Kalimantan.

Namun, sebelum ekspor dapat dilakukan, harus dipahami terlebih dahulu apakah kratom ini dianggap sebagai tanaman berbahaya.

Menanggapi permintaan ekspor kratom dari Amerika Serikat, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyatakan bahwa jika tidak ada larangan, ekspor tersebut dapat dilakukan.

Dia mengatakan, “Saya setuju jika ada yang ingin mengekspor. Sepanjang belum ada larangan, itu bisa dilakukan.”

Kratom adalah tanaman herbal yang termasuk dalam kategori New Psychoactive Substances (NPS).

Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia, kratom memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan stamina tubuh, meredakan lelah, mengurangi nyeri otot, dan banyak lagi.

Namun, tanaman ini juga memiliki efek samping berbahaya, seperti yang biasa terjadi pada narkotika lainnya, seperti pusing, mengantuk, halusinasi, dan bahkan dapat menimbulkan ketergantungan.

Oleh karena itu, BNN telah merekomendasikan agar kratom masuk dalam golongan I narkotika berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Penggolongan ini didasarkan pada potensi efek samping berbahaya yang dapat ditimbulkan oleh kratom terhadap kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *