Mudah Banget! Inilah Cara Menanam Stroberi dalam Pot

Cara menanam stroberi dalam pot dengan mudah. Stroberi adalah salah satu buah yang mengandung banyak manfaat.

Tak hanya kaya akan kandungan vitamin C, ternya di dalam buah stroberi juga kaya akan antioksidan, magnesium hingga kalsium.

Kandungan-kandungan yang ada di dalam stroberi tersebut dapat membantu mengobati iritasi kulit, mencegah peradangan, memperlancar pencernaan hingga menjaga kesehatan jantung.

Karena manfaatnya tersebut, maka tidak heran banyak orang jatuh hati dan tertarik menanam stroberi sendiri di rumah.

Berikut ini cara menanam stroberi di dalam pot dengan mudah, yaitu:

  1. Siapkan tanaman

Pertama, kamu bisa mulai menanam strawberry dari mahkota akar telanjang atau transplantasi.

Transplantasi ini umumnya akan segera terlihat subur dan cantik dalam wadah, tetapi kamu harus menunggu mahkota akar telanjang yang tidak aktif untuk bisa membentuk dan menghasilkan daun.

Perlu diketahui, tanaman strawberry tidak menyukai kondisi yang ramai, sehingga jangan lupa untuk berikan jarak ketika kamu ingin menanamnya di dalam wadah.

  1. Tambahkan tanah

Isi wadah atau yang telah disiapkan dengan campuran tanah, pot yang longgar dan liat yang bisa akan menahan kelembapan tetapi dengan cepat juga dapat mengalirkan kelebihan air.

Pastikan juga untuk menggunakan wadah atau pot dengan lubang drainase di bagian bawah.

  1. Tanam strawberry

Kemudian, tanamlah tanaman stroberi tersebuh, sehingga tajuknya atau tempat bertemunya batang dengan akar berada tepat di atas permukaan tanah.

Pastikan untuk membuat gundukan kecil dalam campuran pot dan sebarkan akarnya di atas gundukan tersebut.

Jangan lupa untuk tutupi akar hingga mahkota dengan campuran pot dan sirami tanah dengan baik.

Tambahkan juga lebih banyak campuran pot sesuai dengan kebutuhan, setelah tanah mengendap dari penyiraman, tetapi tetap jangan menutupi mahkota dengan tanah.

  1. Letakkan pot

Usahakan untuk meletakkan pot di lokasi yang menerima setidaknya delapan hingga 12 jam sinar matahari setiap hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan banyak bunga dan buah yang bisa dihasilkan.

  1. Sirami tanaman

Lakukan penyiraman tanaman stroberi setiap kali tanah terasa kering sekitar dua setengah sentimeter di bawah permukaan atau bisa sekitar dua kali seminggu.

Pastikan juga untuk tidak boleh membiarkan tanaman berada di air atau tanah yang basah, dengan kata lain pastikan tanah tetap sedikit lembab, tidak kering atau basah.

Biasanya, tanah dalam wadah atau pot akan mengering lebih cepat daripada tanah di tanah. Dengan begitu, cuaca panas dan kering yang lama ini mungkin memerlukan penyiraman dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

  1. Berikan pupuk

Berilah pupuk pada tanaman strawberry setiap tiga sampai empat minggu dengan pupuk cair seimbang.

Pastikan juga untuk memberikan pupuk yang seimbang saat tanaman akan mulai membentuk tunas di dalam mahkota yang akan menjadi bunga dan buah.

  1. Berikan perlindungan dari cuaca dingin

Tanaman stroberi ini akan menghasilkan yang terbaik jika dilindungi dari cuaca dingin. Hal ini dikarenakan akarnya juga bisa membeku di daerah yang lebih dingin dan beberapa wadah atau pot akan retak apabila dibiarkan dalam suhu beku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar