Mutasi Pada Tumbuhan dan Contohnya

Mutasi pada tumbuhan beserta dengan contohnya. Mutasi ini merupakan adanya perubahan materi genetik pada suatu makhluk yang terjadi secara tiba-tiba maupun acak serta merupakan dasar bagi sumber variasi organisme hidup yang bersifat diwariskan (heritable).

Pengertian lain mutasi ini adalah perubahan genetik yang terjadi pada gen tunggal, dimana beberapa gen maupun susunan kromosomnya.

Dalam prosesnya, mutasi ini dapat terjadi diakibatkan oleh perubahan pada urutan (sequence) nukleotida DNA kromosom yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada bentuk protein enzim .

Mutasi ini juga dapat terjadi secara alami maupun secara buatan atau yang dikenal dengan mutasi induksi.

Di alam sendiri, mutasi ini cenderung berjalan lambat tetapi berlangsung secara berkelanjutan. Sehingga, hal ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menjadikan makhluk mutan dalam populasi alami untuk dapat menerapkan seleksi terhadap sifat-sifat yang menguntungkan.

Mutasi induksi ini diketahui dapat mempercepat terjadinya mutasi dan keragaman yang ditimbulkan tidak berbeda dengan keragaman yang terjadi secara evolusi.

Perlu diketahui, dalam pemuliaan tanaman ini semakin besar variasi genetik, maka akan memudahkan sebuah proses seleksi tanaman yang sesuai dengan tujuan pemuliaan yang diinginkan.

Contoh Mutasi Pada Tumbuhan

Terdapat banyak mutasi yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, tidak banyak yang menyadari perbedaan varietas dari sebuah tanaman yang merupakan hasil mutasi gen yang tampak kasat mata.

Inilah beberapa contoh mutasi pada tumbuhan, yaitu:

  1. Buah- buahan yang dikembangkan tanpa isi atau tanpa biji, contohnya seperti semangka tanpa isi, anggur tanpa isi, jeruk tanpa isi dan masih banyak yang lainnya.
  2. Buah atau tanaman yang lebih besar daripada ukuran aslinya, contohnya seperti buah tomat yang lebih besar.
  3. Buah anggur dengan gerombolan buahnya lebih rapat dan jumlahnya lebih banyak.
  4. dBuah persik yang memiliki bentuk seperti angka delapan dan pir yang berbuah ganda tapi menyatu .
  5. Pembuatan benih jagung hibrida dengan menggunakan varietas yang berkualitas dan unggul dengan metode persilangan dan menggunakan teknologi modern.
  6. Grapple yang merupakan apel hasil rekayasa genetika yang mana buah ini memiliki bentuk apel dan teksturnya seperti tekstur buah anggur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *