Penting Diketahui, Inilah Cara Merawat Tanaman Tomat Dengan

Apakah anda termasuk penggemar tomat juga? Tanaman tomat adalah jenis sayuran yang paling banyak di komsumsi di kalangan masyarakat bahkan mungkin di seluruh dunia.

Tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh di segala tempat, tumbuhan tomat dapat tumbuh di dataran tinggi, dataran medium, bahkan di dataran rendah.

Supaya pertumbuhannya baik tomat membutuhkan tanah yang sedikit mengandung pasir, banyak mengandung humus dan pengairan yang cukup.

Perawatan tomat relatif lebih mudah di bandingkan merawat tanaman lainnya. Tetapi kita perlu memiliki pengetahuan tentang merawat tanaman tomat tersebut agar dapat terawat dan tumbuh dengan baik.

Berikut ini merupakan tahap-tahap yang perlu diperhatikan dalam merawat tumbuhan tomat.

1. Proses Penanaman

Pada proses penanaman dapat dilakukan pada sore hari agar supaya tanaman tidak layu dan bisa beradaptasi pada lahan yang ditanam.

2. Jangan Tanam Terlalu Rapat

Dalam tahap menanam bibit tomat jangan ditanam terlau rapat, tujuannya supaya akar tomat bisa tumbuh dengan leluasa, karena jika ditanam dengan jarak yang berekatan maka pertumbuhan tomat tida akan maksimal, dan tentunya akan terdapat berbagai penyakit pada saat tomat mulai tumbuh berkembang.

3. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan agar mempercepat pembuahan serta peremajaan tanaman, supaya membentuk pohon serta dapat mengurangi daun agar batang utama tumbuhan tomatnya mendapatkan nutrisi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas baik.

Ketika sudah tumbuh besar tumbuhan tomat dapat dipangkas, bisa dipangkas setiap cabang dan ranting yang pertumbuhannya tida tepat dan terkena penyakit atau hama. Serta pemotongan tunas-tunas air juga perlu dilakukan selama masa pertumbuhan, supaya tanaman tomat optimal.

4. Pengikatan

Pengikatan dapat dilakukan untuk menjaga tumbuhan tomat supaya tidak roboh serta tanaman dapat tumbuh dengan tegak, ikat saja tanaman pada batang kayu atau bambu yang ditancapkan pada massa pertumbuhannya sehingga pohon dapat menyangga buah dengan baik.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama merupakan tanaman yang paling sering menyerang tumbuhan tomat adalah ulat.

Biasanya menyerang tanaman ketika usia muda sehingga ketika buah agak tua akan tampak berlubang dan membusuk akibat terkena infeksi.

Gunakan insektisida untuk memberantas hama ulat ini.

Anda juga dapat memprotkan insektisida sistemik sejak usia tanaman satu minggu agar supaya terhindar dari lalat buah.

Lalat buah menyerang dengan cara menyuntikan telur kedalam kulit buah.

Ketika telur berubah menjadi larva maka buah tomat akan busuk dan rontok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar