6 Tanaman Ajaib yang Bisa Memprediksi Cuaca, Cara Unik Mengetahui Keadaan Cuaca dengan Mengamati Tanaman di Sekitar Kita

Tanaman yang bisa memprediksi cuaca. Ketika ingin mengetahui kondisi cuaca hari ini, biasanya kita akan mengandalkan siaran berita cuaca di televisi.

Namun, tahukah kamu bahwa ada cara lain yang cukup unik untuk memperkirakan cuaca? Ternyata, tanaman-tanaman di sekitar kita memiliki perilaku yang unik dan dapat digunakan sebagai petunjuk untuk memprediksi cuaca.

Dalam artikel ini, kita akan membahas enam tanaman yang diketahui dapat membantu kita dalam memperkirakan keadaan cuaca.

1. Dandelion

Dandelion, atau yang sering kita kenal sebagai bunga dandelion, adalah bunga kecil yang berasal dari Asia dan Eropa. Selain memiliki penampilan yang menggemaskan, bunga ini juga memiliki kemampuan unik untuk memprediksi cuaca.

Ketika cuaca cerah, dandelion akan mekar dan mengembang sepenuhnya. Namun, saat kelembapan meningkat dan menandakan akan turunnya hujan, bunga ini akan mulai menutup.

2. Scarlet Pimpernel

Selain dandelion, tanaman berikutnya yang dapat membantu kita dalam memprediksi cuaca adalah scarlet pimpernel. Cara kerjanya mirip dengan dandelion.

Tanaman ini akan tetap terbuka di bawah sinar matahari penuh. Namun, ketika langit mulai mendung atau kelembapan mencapai sekitar 80%, bunga scarlet pimpernel akan menguncup seperti payung kecil.

Mereka melakukan ini untuk melindungi serbuk sari agar tetap kering.

3. Pinus

Pohon pinus atau pohon cemara juga memiliki kemampuan untuk memprediksi cuaca. Pohon ini sangat peka terhadap suhu dan kelembapan sekitarnya. Ketika udara kering, buah pinus akan melebarkan sisiknya.

Namun, jika ada peningkatan kelembapan atau hujan, sisiknya akan kembali menutup rapat. Hal ini merupakan adaptasi pohon pinus yang berkaitan dengan penyebaran benih.

Saat cuaca kering, benih akan lebih mudah terbawa angin, tetapi saat cuaca lembap, benih akan lebih menggumpal dan tidak akan bepergian jauh dari pohonnya.

4. Earthstar

Earthstar adalah sejenis tanaman jamur yang juga dapat membantu kita dalam memprediksi cuaca. Tanaman ini terbuka saat hujan badai karena tetesan air hujan membantu dalam penyebaran sporanya.

Namun, ketika hujan akan segera berhenti, kelopak tanaman ini mulai menggulung dan menutup kantung spora tengah.

5. Rumput Laut

Bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir, mengamati rumput laut dapat memberikan petunjuk tentang cuaca. Rumput laut sangat peka terhadap kelembapan.

Jika rumput laut terlihat menggumpal, itu menandakan bahwa cuaca akan menjadi lembab dan hujan. Fenomena ini terjadi karena lapisan garam laut pada rumput laut yang menyerap kelembapan.

6. Rhododendron

Untuk memperkirakan suhu cuaca saat ini, kita dapat melihat semak rhododendron di sekitar kita. Saat suhu turun hingga 32 derajat Fahrenheit, daun rhododendron yang panjang dan kasar akan mulai terkulai dan melengkung ke dalam.

Namun, jika suhu turun di bawah 20 derajat, daunnya akan melengkung rapat, menyerupai cerutu yang mengarah lurus ke tanah.

Mengamati perilaku tanaman-tanaman ini bukanlah metode yang akurat dan ilmiah untuk memprediksi cuaca. Namun, ini bisa menjadi cara yang menyenangkan dan menarik untuk mengamati lingkungan sekitar kita dan melibatkan diri dalam alam.

Jadi, selanjutnya saat kamu ingin mengetahui kondisi cuaca, jangan lupa untuk melihat ke tanaman-tanaman di sekitarmu yang mungkin memberikan petunjuk menarik tentang cuaca yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *