Contoh Tanaman Transgenik, Cari Tahu Di Sini

Contoh tanaman transgenik. Tanaman transgenik adalah salah satu produk bioteknologi modern dari hasil rekayasa genetika.

Tanaman transgenik ini mengandung gen asing yang asalnya dari makhluk hidup lain yang nantinya akan digabungkan secara sengaja oleh manusia.

Untuk bisa membuat suatu tanaman transgenik, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah identifikasi atau pencarian gen yang akan menghasilkan sifat tertentu (sifat yang diinginkan).

Tujuan dari teknik ini adalah untuk menghasilkan sifat atau senyawa kimia tertentu yang diatur oleh gen tersebut.

Berikut ini beberapa contoh tanaman transgenik, yaitu:

  1. Padi

Tanaman padi transgenik ini kaya akan provitamin A atau beta karoten. Tanaman padi transgenik tersebut telah mengalami modifikasi, mulai dari bagian kromosomnya yang telah disisipi gen dari tumbuhan narsis, jagung dan bakteri Erwinia.

  1. Jagung

Jagung ini telah mengalami modifikasi, seperti telah disisipi gen toksin Bt dari bakteri Bacillus thuringiensis.

Tanaman jagung transgeini ini sehingga lebih resisten terhadap hama dan kamu juga dapat menjumpainya pada tanaman kapas dan kentang.

  1. Tembakau

Tanaman tembakau transgenik ini lebih tahan cuaca dingin, karena tanaman tembakau telah disisipi oleh gen ketahanan terhadap cuaca dingin.

Gen yang disisipkan tersebut tersebut berasal dari tanaman Arabidopsis thaliana atau kamu juga dapat mengambil gen tersebut dari sianobakteri.

  1. Tomat

Tomat transgenik ini menjadi lebih awet hingga tidak mudah membusuk, karena pada tomat transgenik telah disisipi gen antisenescens yang dapat berfungsi menghambat kinerja enzim poligalakturonase.

  1. Kedelai

Kedelai transgenik ini lebih kaya akan asam oleat dan resisten terhadap herbisida glifosat. Kedelai transgenin ini telah disisipi gen yang resisten terhadap herbisida tersebut yang didaptakn dari bakteri Agrobacterium.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar transgenik ini resisten terhadap berbagai penyakit akibat virus, karena ubi jalar telah disisipi oleh gen dari virus menggunakan yang teknologi peredaman gen.

  1. Kanola

Minyak kanola transgenik ini kaya akan asam laurat, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Hal ini dikarenakan kanola tersebut telah disisipi gen FatB dari Umbellularia californica, dimana gen tersebut untuk meningkatkan produksi asam laurat pada tanaman.

  1. Pepaya

Tanaman pepaya transgenik ini tentunya lebih tahan terhadap serangan virus, dikarenakan telah disisipi sebuah gen yang mengkode selubung virus PRSV.

  1. Melon

Melon transgenik ini lebih awet dan tahan lama, karena tanaman tersebut telah disisipi sebuah gen yang diambil dari bakteriofag T3.

Gen yang disisipi itu dapat berfungsi meminimalisir pembentukan hormon etilen pada melon, maka pematangan buah menjadi lambat sehingga buah tidak mudah busuk.

  1. Bit Gula

Bit gula transgenik ini juga telah terbukti resisten herbisida jenis glifosat maupun glufosinat, dikarenakan tanaman tersebut telah disisipi gen yang diambil dari bakteri Agrobacterium dan Streptomyces viridochromogenes.

  1. Prem

Prem transgenik ini juga didesain lebih terhadap serangan virus bernama cacar prem, karena prem telah disisipi gen selubung virus tersebut.

  1. Gandum

Gandum transgenik lebih tahan terhadap serangan cendawan Fusarium, karena pada gandum telah disisipi gen pengkode enzim kitinase dari barley sehingga dapat menghancurkan dinding sel Fusarium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *