Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian, Cek Di Sini

Usaha yang berhubungan dengan pertanian. Seperti yang kita tahu, Indonesia menjadi salah satu negara agraris dengan hasil tani melimpah.

Maka tidak heran jika usaha yang berhubungan dengan pertanian ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Usaha yang berhubungan dengan pertanian ini tidak hanya menjual atau membudidayakan tanaman pangan, tapi masih banyak usaha di bidang pertanian juga bisa difokuskan untuk menjual berbagai peralatan penunjang pertanian.

Berikut ini beberapa usaha yang berhubungan dengan pertanian, yaitu:

  1. Menjual Pupuk Tanaman

Menjual pupuk tanaman saat ini menjadi jenis usaha dalam bidang pertanian yang menjanjikan. Apalagi jika tempat untuk berjualan ada di area persawahan, maka kamu bisa mencoba membuat sendiri pupuk tanaman kemudian menjualnya. Kamu bisa mencoba membuat pupuk kompos yang aman dan tidak berbahaya untuk tanaman.

  1. Menjual Hasil Rempah-rempah

Rempah-rempah ini bisa menjadi bidang usaha tani yang akan memberi keuntungan besar, karena hingga saat ini masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang membutuhkan rempah-rempah ini.

Tidak membutuhkan lahan yang besar, karena kamu juga bisa menggunakan teknik penanaman hidroponik jika lahan belum mencukupi.

  1. Hasil Tanaman Hidroponik

Usaha hidroponik hingga saat ini masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan akan menguntungkan usaha tani yang kamu jalankan.

Untuk jenis tanaman hidroponik ini kamu bisa memulainya dari jenis sayur mayur. Contohnya adalah sawi hijau, sawi pakcoy, kubis, kol, brokoli, cabai dan masih banyak yang lainnya.

  1. Membuka Usaha Alat Pertanian

Menjual atau menyewakan alat-alat tani ini juga bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.

Banyak petani yang belum memiliki alat taninya sendiri, bisa jadi mereka membutuhkan peralatan yang dijual di tempat kamu.

  1. Budidaya Edamame

Tanaman edamame ini juga menjadi salah satu jenis tanaman yang laku di pasaran dan diminati oleh banyak orang. Edamame ini memang dikenal dengan rasanya yang enak dan kandungan gizi serta proteinnya pun tinggi.

Keuntungan dari budidaya edamame ini jumlahnya cukup banyak, apalagi saat musim hujan tiba. Kamu bisa memulai usaha ini dengan lahan yang kecil dahulu, jika sudah berhasil kamu bisa ditambahkan dengan lahan yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *