Cara Menanam Anggur dari Biji untuk Pemula

Cara menanam anggur dari biji yang bisa kamu lakukan dirumah, penasaran? Inilah cara mudah menanam anggur dari biji.

  1. Siapkan biji anggur

Sebelum mulai menanam, pastikan terlebih dahulu kamu sudah memiliki biji anggur. Kamu juga bida mencoba dengan membelah buah anggur menggunakan pisau untuk mengeluarkan biji yang ada di dalamnya.

Usahakan untuk jangan hanya satu atau dua biji, kamu perlu mengumpulkan biji anggur yang berwarna cokelat dan berukuran besar agak banyak.

  1. Rendam biji anggur

Setelah mendapatakan biji anggur, maka langkah selanjutnya adalah merendam biji anggur. Cara ini bertujuan untuk mengetahui biji anggur manakah yang berkualitas dan tidak. Bagaimana cara mengetahuinya?

Kamu hanya perlu merendam biji anggur tersebut dan diamkan selama 24 jam. Umumnya, biji anggur yang berkualitas baik ini akan tenggelam saat direndam dan biji anggur yang berkualitas buruk justru akan mengapung.

  1. Potong ujung biji anggur

Setelah biji anggur direndam, langkah selanjutnya adalah mengambil dan mengeringkan biji yang tenggelam.

Setelah itu, cek kembali fisik biji anggur apabila ada biji anggur yang ujungnya runcing dan keras, disarankan untuk memotong biji anggur menggunakan pisau atau gunting kuku.

Kamu juga harus memastikan hanya memotong sedikit bagian ujungnya, karena biji anggur tersebut akan menjadi busuk kalau kita memotongnya terlalu dalam.

  1. Mempersiapkan biji anggur

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan biji anggur supaya muncul kecambah. Cukup dengan masukkan biji anggur ke dalam wadah kecil. Lalu, tambahkan sedikit lumut gambut yang lembap.

Selanutnya, kamu bisa tutup wadahnya dengan rapat dan masukkan ke dalam kulkas yang bersuhu 1,6-4 derajat Celcius selama 2-3 bulan. Tetap pastikan biji anggur tidak membeku, ya!

  1. Lakukan penyemaian

Tahapan selanjutnya adalah melakukan penyemaian. Pertama-tama kamu bisa siapkan pot tanah liat yang telah diisi media tanam dengan campuran sekam. Ingat ya, beri jarak antar biji anggur tersebut sekitar 1,5 inci.

Jangan lupa juga untuk rajin menyiramnya setiap sore hari, karena dengan begitu kecambah dari biji anggur akan muncul setelah 3-8 minggu biji ditanam.

  1. Pindahkan ke pot yang lebih besar

Jika biji anggur sudah semakin tumbuh dan mencapai sekitar 8 cm, maka disarankan memindahkan bibit anggur tersebut ke dalam pot yang lebih besar. Tujuan pemindahan ini adalah supaya anggur dapat tumbuh secara maksimal.

Umunya, setelah 1,5 bulan disemai, tanaman anggur ini akan mulai muncul sekitar 3-4 daun. Setelah itu, memasuki usia 3 bulan daun tanaman tersebut akan terus bertambah menjadi 15 buah dan tumbuh tinggi hingga 50 cm.

  1. Rawat tanaman anggur dengan baik

Supaya tanaman anggur ini dapat terus tumbuh subur, tentu saja kita tidak boleh lupa untuk menyiramnya secara rutin dan memberi pupuk.

Setelah itu, pastikan anggur selalu terkena cahaya sinar matahari setiap 7-8 jam/hari, agar dapat tumbuh subur dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Masa panen anggur

Meskipun cara menanam anggur dari biji ini cukup mudah, namun kamu juga harus sabar hingga mereka berbuah. Umumnya, sejak ditanam di dalam tanah, tanaman anggur ini memerlukan waktu sekitar 3-4 tahun agar bisa berbuah.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu merawat anggur secara rutin supaya  pertumbuhannya maksimal. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *