Ada Indonesia, Inilah 5 Negara dengan Pertanian Terbaik di Dunia

Lima negara dengan pertanian terbaik di dunia. Pertanian adalah salah satu unsur penting bagi ketahanan pangan bagi sebuah negara. Sektor pertanian yang tidak kuat, maka membuat negara tersebut menjadi bergantung kepada negara lainnya dalam hal memenuhi kebutuhan pangan.

Seperti yang kita tahu, salah satu negara yang selalu mengedepankan pertanian adalah Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia mendapatkan julukan sebagai negara agraris. Berikut ini lima negara dengan pertanian terbaik di dunia, yaitu:

1. Amerika Serikat

Teknologi pertanian di Amerika hingga saat ini semakin maju sejak abad ke-19. Perlu diketahui, industri pertanian di negeri Paman Sam tersbut menjadi semakin berkembang dan teknologi yang ditemukan tersebut juga digunakan dalam meningkatkan hasil dan mutu pertanian di sana.

Saat ini, negara Amerika menjadi salah satu negara pengekspor hasil tani terbesar di dunia. Komoditas pertanian dari Amerika Serikat ini dapat mencapai hampir 50% dari pangsa pasar yang ada di dunia.

2. China

Secara umum, pertanian di negara China ini didominasi oleh nasi, jagung serta gandum sebagai tiga dominasi komoditas pertanian di sana.

Tak hanya itu, total ekspor yang dilakukan oleh negara China dalam komoditi sayuran bisa mencapai sekitar 18 miliar dollar Amerika pada tahun 2018.

3. Australia

Australia ini menjadi yang juga mempunyai sistem pertanian terbaik di dunia. Perlu diketahui bahwa luas wilayah pertanian di negara tersebut mencapai sekitar 3.6 juta kilometer persegi. Maka, hal ini membuat Australia sebagai yang terluas nomor tiga di dunia.

Negara Australia juga melakukan ekspor sekitar 72% dari total komoditas pertanian, perikatan hingga produksi hutan. Tak hanya itu, untuk pertanian itu sendiri seperti gandum menjadi komoditas yang populer dan paling banyak diproduksi oleh negara tersebut.

4. Brazil

Pertanian hingga peternakan di negara Brazil ini disebut sebagai salah satu pilar yang penting dalam ekonomi lokal. Hal ini diketahui karena pertanian dan perikanan ini menyumbang sebesar 25 persen dari total GPD yang dimiliki.

Maka, tidak heran jika Brazil disebut sebagai produsen pangan terbesar keempat di dunia. Tentunya hasil pertanian negara Brazil tersebut akan diekspor kembali ke seluruh dunia sehingga dapat membantu meningkatkan pemasukan Brazil.

5. Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dan juga terkenal dengan sisi maritimnya. Bahkan, negara Indonesia masuk ke dalam jajaran negara yang mempunyai sistem pertanian terbaik.

Negara Indonesia ini mempunyai komoditas terbaik untuk produksi minyak sayur, karet gelang, kokoa, kopi, beras hingga aneka rempah yang sulit ditemukan di negara lain.

Dengan demikian, harusnya hal ini menjadi kebanggaan terbesar bagi masyarakat Indonesia sebab menjadi salah satu produsen pangan terbesar yang ada di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar