Cara Efektif Membuat Pupuk Kompos di Lingkungan Apartemen

Pupuk kompos memiliki manfaat yang sangat berharga, tidak hanya untuk mengurangi sampah tetapi juga sebagai sumber nutrisi yang ramah lingkungan bagi tanaman.

Namun, banyak orang yang tinggal di apartemen merasa kesulitan untuk membuat pupuk kompos karena keterbatasan ruang dan kekhawatiran tentang masalah kebersihan.

Namun, ada cara-cara yang efektif untuk membuat pupuk kompos di dalam lingkungan apartemen, dan dengan melakukannya dengan benar, kamu bisa memanfaatkan manfaatnya tanpa repot.

Cara Membuat Pupuk Kompos di Apartemen

Berikut ini adalah panduan tentang bagaimana cara membuat pupuk kompos di dalam apartemen, yang dirangkum dari laman The Spruce

1. Pilih Wadah yang Tepat

Kamu dapat menggunakan wadah penyimpanan plastik sebagai tempat untuk membuat kompos.

Pastikan wadah tersebut memiliki penutup yang rapat.

Ukuran wadah dapat disesuaikan dengan ruang yang tersedia di apartemenmu.

Tempatkan wadah ini di tempat yang gelap dan sesuai dengan suhu apartemen, misalnya di bawah wastafel dapur.

2. Persiapkan Peralatan dan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Beberapa peralatan yang mungkin kamu butuhkan termasuk bor, dua wadah plastik dengan penutup, parutan koran atau serbuk gergaji, dan tanah.

3. Buat Lubang Ventilasi

Buatlah lubang-lubang ventilasi di bagian atas wadah kompos. Lubang ini akan memungkinkan aliran udara yang diperlukan untuk proses dekomposisi.

4. Buat Saluran Air

Buat lubang-lubang kecil di bagian bawah wadah yang akan berfungsi sebagai saluran air untuk air kompos (compost tea) yang dihasilkan.

5. Susun Wadah

Tempatkan wadah berlubang di dalam wadah kedua.

Isi wadah pertama dengan tanah beberapa inci, lalu tutup dengan bahan kering seperti parutan koran atau serbuk gergaji.

6. Mulai Kompos

Masukkan sampah organik ke dalam wadah teratas.

Pastikan untuk menutupnya dengan lapisan bahan kering seperti serbuk gergaji dan parutan koran, ini akan membantu menyerap kelembaban berlebih dan mencegah bau tak sedap.

7. Pemeliharaan Rutin

Bersihkan wadah kedua secara berkala untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bau tak sedap.

Ingatlah bahwa proses pembuatan pupuk kompos di apartemen mungkin memerlukan waktu beberapa bulan tergantung pada jumlah sampah organik yang kamu masukkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat merasakan manfaat dari pupuk kompos secara efektif meskipun tinggal di apartemen dengan ruang terbatas.

Ini adalah cara yang ramah lingkungan dan bermanfaat untuk menjaga lingkungan rumahmu sekaligus memberikan nutrisi yang baik untuk tanamanmu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *