Mengenal Orok-Orok atau Sun Hemp, Dikenal Sebagai Tanaman Pengganti Pupuk Hijau yang Ramah Lingkungan

Tanaman orok-orok atau sun hemp (Crotalaria juncea) adalah tanaman hijauan yang mulai populer di kalangan petani karena kemampuannya sebagai pengganti pupuk hijau yang efektif.

Tanaman ini berasal dari India, namun kini telah menyebar ke seluruh dunia karena manfaatnya yang luar biasa.

Pupuk hijau adalah tanaman yang ditanam untuk menutupi tanah dan meningkatkan kualitas tanah serta ketersediaan nutrisi bagi tanaman lain yang akan ditanam di lahan tersebut.

Namun, pupuk hijau memiliki kelemahan yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dan memberikan manfaat pada tanah.

Orok-orok menjadi alternatif yang baik karena memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam memberikan nutrisi pada tanah serta dapat menekan pertumbuhan gulma yang merugikan.

Selain itu, orok-orok juga dapat menghasilkan serat yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kain, tali, dan berbagai produk lainnya.

Tanaman orok-orok termasuk dalam keluarga polong-polongan, sehingga dapat menambat nitrogen dari udara dan menggunakannya sebagai sumber nutrisi bagi tanah.

Selain itu, tanaman ini juga mampu menekan pertumbuhan gulma karena pertumbuhannya yang cepat dan dapat menutupi tanah dengan rapat.

Kelebihan lain dari orok-orok adalah kemampuannya dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Tanaman ini menghasilkan senyawa alami yang dapat membunuh hama dan mikroorganisme penyebab penyakit pada tanaman.

Dalam penggunaannya sebagai pengganti pupuk hijau, tanaman orok-orok dapat ditanam selama 60-90 hari sebelum tanaman utama ditanam di lahan tersebut.

Setelah panen, tanaman ini dapat dibiarkan di atas tanah untuk memperbaiki kualitas tanah atau diolah menjadi kompos untuk digunakan pada tanaman selanjutnya.

Namun, perlu diingat bahwa tanaman orok-orok mengandung senyawa alami yang dapat membunuh hama dan mikroorganisme penyebab penyakit pada tanaman.

Oleh karena itu, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan dosis yang tepat agar tidak merusak ekosistem tanah.

Dalam kesimpulannya, tanaman orok-orok atau sun hemp dapat menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti pupuk hijau karena kemampuannya dalam memberikan nutrisi pada tanah, menekan pertumbuhan gulma, dan mengendalikan serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan dosis yang tepat untuk memperoleh manfaat maksimal bagi tanaman dan tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *