Contoh Tumbuhan Yang Berkembangbiak dengan Tunas, Cari Tahu Di Sini!

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas. Tunas adalah tumbuhan muda yang baru timbul ataupun tumbuh.

Umumnya, tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas ini tetap akan menempel pada tumbuhan induk. Namun, ada beberapa tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas.

Bertunas merupakan salah satu proses kembang biak secara vegetatif tanpa adanya perkawinan, dimana anakan tersebut akan tumbuh dari bagian tubuh induk.

Berikut ini lima contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas, yaitu:

1. Pisang

Pisang adalah salah satu contoh tumbuhan tunas paling familiar. Untuk menanam tumbuhan pisang ini tidak butuh perawatan khusus, hanya saja perlu memastikan kondisi tanah yang subur serta paparan sinar matahari cukup.

Proses bertunas pada tumbuhan pisang ini akan terjadi dari batang utama induk tempat akar tanaman berada. Umumnya, tunas ini akan muncul melalui ketiak batang utama dan tidak akan terlalu jauh dari batang induknya.

Tunas pada tumbuhan pisang memiliki batang utama, calon bunga, dan calon buah yang akan mengalami proses pertumbuhan sekitar enam bulan hingga tanaman mulai muncul.

2. Bambu

Tunas bambu ini berasal dari akar rimpang bambu yang bertumbuh alami menjadi tanaman baru. Maka tidak heran jika tumbuhan bambu ini sangat rimbun karena proses perkembangbiakan yang cukup cepat dengan tunas.

Tak hanya tunas akar, batang bambu yang jatuh ke tanah secara alami ini juga akan berpotensi berkemnbang menjadi tumbuhan yang baru.

3. Tebu

Tebu adalah salah satu tanaman penghasil gula alami, dimana proses pembibitannya dilakukan dengan cara mengembang biakkan tunas dari bagian rimpang.

Pada proses berkembangbiaknya, pembibitan tunas dari contoh tumbuhan tunas ini akan dilakukan dengan mengambil rimpang yang sudah bertunas.

Kemudian akan dipindahkan ke media tanam berupa tanah dan menunggu hingga tunas berkembang menjadi tebu dewasa.

4. Cemara

Tumbuhan cemara ini berkembangbiak secara vegetatif dengan melalui tunas adventif. Tunas adventif pada tumbuhan cemara ini akan terlihat pada tumbuhnya tunas muda di bagian atasnya.

5. Cocor Bebek

Cocor bebek ini akan berkembang biak melalui tunas di bagian daun dan masuk dalam kategori adventif.
Biasanya, tunas pada cocor bebek ini akan muncul pada ujung daun produktif atau yang langsung berhubungan dengan akar.

Cara untuk mengembangbiakkannya termasuk cukup mudah, yaitu hanya perlu mengambil bagian tunas yang muncul dari daun dan kemudian pindahkan ke media tanam baru serta lakukan perawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar