Banyak Manfaatnya, Inilah Cara Mudah Menanam Tanaman Sage

Tanaman sage adalah salah tanaman herbal yang masih satu famili dengan oregano, daun basil, rosemary dan juga tanaman thyme.

Daun sage ini tidak hanya digunakan untuk meningkatkan aroma pada masakan. Ternyata, sage juga memiliki fungsi penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tanaman sage untuk kesehatan ini karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi dan kandungan antioksidan yang dapat mengobati berbagai penyakit dari gangguan mental maupun gangguan sistem pencernaan.

Dikutip dari Healthline, daun dari tanaman sage ini ternyata juga dapat dikonsumsi sehari-sehari ke dalam campuran makanan atau minuman seperti sup, tumisan hingga teh herbal.

Kandungan nutrisi di dalam daun sage ini masih terbilang cukup banyak dan penting untuk tubuh, namun rendah kalori.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun sage ini adalah protein, karbohidrat, vitamin K, vitamin B6, zat besi, kalsium dan juga mangan.

Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan dari daun tanaman sage, yaitu:

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Menurunkan kadar gula darah.
  • Memberikan efek relaksasi.
  • Menjaga kesehatan dan fungsi otak.
  • Meredakan gejala menopause.
  • Mengurangi nyeri.

Cara Menanam Tanaman Sage

Inilah lima langkah mudah dalam menanam tanaman sage, yaitu:

  1. Sage ini lebih menyukai media tanam yang kering dan harus berada di bawah matahari penuh. Sehingga, kamu bisa menyiapkan campuran tanah yang tidak lembap. Maka, kamu bisa menambahkan pasir ke dalam media tanam tersebut.
  2. Menanam sage ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu bisa dari biji maupun stek. Jika kamu menanamnya dari biji, maka siapkan pot yang telah diisi tanah dan tanah harus didiamkan terlebih dahulu selama satu hingga dua minggu.
  3. Setelah itu, letakkan biji dan tutuplah dengan tanah setebal 0,5 sentimeter. Jangan lupa untuk siram bagian atasnya dengan air dan pastikan juga drainase dapat bekerja dengan baik.
  4. Apabila kamu menanamnya dengan cara stek, maka tancapkan stek dengan jarak satu sama lain. Jangan lupa juga untuk siram tanahnya dan pastikan juga tanaman berada pada suhu minimal 15 derajat Celcius.
  5. Secara umum, akar akan muncul kurang lebih selama enam minggu. Jadi, siram tanaman secara teratur tetapi jangan sampai tanahnya lembap. Tanah yang terlalu lembab ini bisa berisiko tumbuh jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *