5 Tanaman Herbal yang Mudah Tumbuh di Air

Tanaman herbal yang mudah tumbuh di air. Tanaman herbal merupakan jenis tumbuhan yang sudah teridentifikasi dan diketahui mempunyai senyawa yang bermanfaat.

Manfaatnya adalah untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu serta mencegah serangan serangga maupun jamur.

Sehingga, menanam tanaman herbal di dalam rumah ini pasti banyak manfaatnya. Uniknya lagi, ada beberapa tanaman herbal yang dapat ditanam dan tumbuh di air. Maka tak heran kalau tanaman herbal ini juga bisa untuk mempercantik ruangan di rumah.

Tanaman Herbal yang Mudah Tumbuh di Air

Berikut ini lima tanaman herbal yang dapat di tanam dan tumbuh di air, yaitu:

1. Peppermint

Peppermint bisa menjadi keperluan pengobatan, karena peppermint ini mengandung mentol zat volatil dengan jumlah yang tinggi.

Sensasi dingin dan rasa yang unik bisa didapatkan saat mengonsumsi peppermint ini. Bahkan tumbuhan ini sangat mudah untuk ditumbuhkan di dalam air.

Cara menanam dalam air yang paling mudah adalah cukup masukkan stek batang dari peppermint segar ke dalam wadah berisi air untuk menumbuhkan tanaman baru.

2. Basil

Daun basil ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat, seperti untuk mengobati jerawat, mengurangi stres, mengatasai kelelahan hingga dapat menurunkan gula darah.

Tumbuhan ini bisa tumbuh di berbagai media, seperti media tanah hingga media air.

Caranya cukup mudah, yaitu ambil stek batang tumbuhan basil kapan saja sebelum mulai berbunga kemudian masukkan kedalam wadah yang sudah berisi air.

3. Sage

Sage adalah tanaman herbal yang asalnya dari pantai utara Mediterania. Sagi ini masih satu keluarga dengan oregano, lavender, rosemary, thyme maupun basil.

Sage juga dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, seperti dapat mengobati berbagai penyakit dari gangguan mental maupun gangguan sistem pencernaan.

Daun sage di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

4. Thyme

Thyme memiliki nama latin thymus vulgaris. Thyme ini dapat dikonsumsi dalam kondisi segar maupun yang sudah dikeringkan.

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, ternyata thyme juga bisa dikonsumsi sebagai teh herbal.

Bahkan, thyme juga sering dijadikan sebagai minyak esensial untuk aromaterapi maupun untuk obat tradisional.

Cara menumbuhkan thyme juga cupuk mudah, yaitu ambillah stek pertumbuhan baru yang berwarna hijau.

Karena pertumbuhan bagian tua yang telah menjadi kaku dan coklat bisa jadi tidak akan mudah tumbuh akar.

5. Tarragon

Bagian daun kering dan pucuk bunga tarragon sering digunakan dalam masakan.

Tak hanya itu, ternyata tarragon memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti melancarkan pencernaan serta meningkatkan nafsu makan.

Caranya cukup mudah, dengan mengambil stek batang tanaman kemudian simpan di dalam wadah yang berisi air. Pastikan juga untuk menyimpan stek di tempat yang hangat dan mendapat cahaya terang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar