Ingin Punya Kebun Mini di Rumah? Ini Dia Cara Membuat Sistem Hidroponik Sendiri

Cara membuat sistem hidroponik sendiri di rumah. Tanaman hidroponik hingga saat ini masih dan semakin populer di kalangan pecinta tanaman.

Metode menanam tanaman ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh tanpa tanah, hanya dengan menggunakan air dan nutrisi yang diberikan secara teratur.

Jika kamu tertarik untuk mencoba menanam tanaman hidroponik, tentu saja kamu dapat membuat sistem hidroponik sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan dengan cara berikut:

  • Pilih jenis sistem hidroponik yang ingin dibuat

Ada beberapa jenis sistem hidroponik yang bisa kamu pilih, mulai dari sistem sumbu, sistem irigasi tetes, sistem rakit apung dan masih banyak yang lainnya. Pilihlah jenis sistem hidroponik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat sistem hidroponik, kamu tentu saja membutuhkan beberapa bahan seperti wadah atau tempat penampung air, pompa air, selang, net pot dan media tanam.

Kamu juga membutuhkan larutan nutrisi yang sesuai dengan jenis tanaman yang ingin kamu tanam.

  • Buat lubang pada wadah atau tempat penampung air

Lakukan pengukuran pada wadah atau tempat penampung air yang kamu gunakan untuk mengetahui ukuran net pot yang dibutuhkan.

Setelah itu, buatlah lubang dengan ukuran yang sama dengan net pot tersebut.

  • Pasang pompa air dan selang

Pasang pompa air pada tempat yang cukup aman dan tahan air. Setelah itu, hubungkan selang dengan pompa air dan arahkan selang menuju wadah atau tempat penampung air. Pastikan selang terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran.

  • Pasang net pot dan media tanam

Pasang net pot pada lubang yang sudah dibuat pada wadah atau tempat penampung air. Setelah itu, isi net pot dengan media tanam seperti rockwool atau arang sekam.

  • Beri nutrisi pada air

Tambahkan larutan nutrisi pada air sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Larutan nutrisi ini berfungsi sebagai pengganti nutrisi yang biasanya diperoleh dari tanah.

  • Tanam bibit tanaman

Setelah semua persiapan selesai, tanam bibit tanaman pada media tanam yang sudah disiapkan. Pastikan bibit tanaman sudah cukup besar dan kuat untuk ditanam di sistem hidroponik.

  • Perhatikan kondisi sistem hidroponik

Perhatikan kondisi sistem hidroponik secara teratur, seperti kualitas air, pH air, dan nutrisi yang diberikan. Pastikan juga sistem hidroponik terjaga kebersihannya agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Itulah cara membuat sistem hidroponik sendiri di rumah yang mudah dan sederhana. Dengan sistem hidroponik, kamu juga dapat menanam berbagai jenis tanaman secara efisien dan hemat lahan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *