Jokowi Membuat Penanaman Pohon di Kantor Menjadi Kewajiban untuk Mengurangi Polusi

Penanaman pohon diwajibkan oleh Jokowi untuk mengatasi polusi udara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengidentifikasi berbagai langkah penanganan polusi di wilayah DKI Jakarta, yang melibatkan berbagai aspek dalam upaya menjaga kualitas udara.

Dalam konteks ini, Jokowi telah mengajukan seruan kepada semua pemangku kepentingan untuk menerapkan tanaman pohon berukuran besar sebagai solusi untuk mengatasi masalah polusi yang terjadi di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa upaya paling efektif dalam mengurangi polusi di DKI Jakarta adalah dengan meningkatkan jumlah pohon di sekitar wilayah tersebut.

Ia mengusulkan agar perusahaan-perusahaan diberikan tanggung jawab untuk menanam pohon di halaman kantor mereka sebagai bagian dari solusi untuk mengurangi dampak polusi.

“Selain peralihan dari penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan massal, kami juga mendorong penanaman pohon sebanyak mungkin, terutama di area perkantoran yang mungkin belum memiliki area hijau yang memadai.

Ini merupakan kewajiban bagi mereka dan harus dilaksanakan,” ujar Jokowi saat berada di SMKN Jateng, Semarang, seperti dilaporkan oleh detikJateng pada Rabu (30/8/2023).

Dalam upaya mengatasi polusi udara, pemerintah telah melakukan berbagai tindakan, termasuk modifikasi cuaca, pemantauan emisi kendaraan, serta pengawasan ketat terhadap industri dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Jokowi menekankan bahwa semua sektor ini saat ini sedang dipantau dengan ketat untuk memastikan bahwa langkah-langkah pengendalian polusi berjalan efektif.

“Pengawasan terhadap sektor industri dan PLTU sudah dilakukan dengan ketat. Kami juga melakukan pengujian emisi kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor dan mobil.

Meskipun upaya ini memerlukan waktu dan kerja keras yang berkelanjutan, kami percaya ini adalah langkah yang penting dan tak terelakkan,” jelas Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga menekankan pentingnya penggunaan kendaraan listrik dalam mengurangi emisi gas buang di lingkungan perkotaan.

Ia menunjukkan bahwa pemakaian kendaraan listrik sedang ditingkatkan secara bertahap sebagai bagian dari strategi pengurangan polusi.

“Kami juga sedang giat mempromosikan penggunaan kendaraan listrik. Langkah-langkah ini akan dilakukan secara bertahap dengan harapan dampak positifnya akan semakin terasa dalam jangka panjang,” tambahnya.

Upaya ini menjadi perwujudan nyata dari komitmen pemerintah dalam memitigasi dampak polusi udara dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi warga kota.

Dengan menjadikan penanaman pohon di kantor sebagai kewajiban, diharapkan masalah polusi dapat teratasi dengan cara yang lebih berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *