Polbangtan Kementan Hadirkan Pengusaha Sukses, Bagikan Kiat Jadi Wirausaha Pertanian untuk Mahasiswa

GOWA – Dalam menjalankan fungsinya, Politeknik Pembangunan (Polbangtan) Gowa sebagai salah lembaga pendidikan dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian memiliki mandat untuk menyiapkan SDM Pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa wirausaha.

Program penyiapan SDM unggul tersebut merupakan hal yang sangat penting. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bahkan menekankan bahwa kualitas SDM Pertanian yang unggul menjadi suatu keharusan untuk memacu target produksi dan produktivitas pertanian yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor dan meningkatkan ekspor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa fokus BPPSDMP, menyiapkan sumber daya manusia pertanian sebagai pelaku pembangunan pertanian.

“Salah satu fokus BPPSDMP adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, berdaya saing, serta berjiwa entrepreneur.” papar Dedi.

Dedi menekankan pentingnya SDM dalam pembangunan pertanian, terlebih pertanian terbukti berhasil menjadi penyangga perekonomian negara. Sehingga, perlu menyiapkan SDM pertanian dimulai sejak di bangku kuliah.

Pada kamis (16/11), Polbangtan Gowa menghadirkan tokoh pemuda Andi Amar Ma’ruf Sulaiman untuk memberikan motivasi kewirausahaan kepada ratusan mahasiswa Kampus I Polbangtan Gowa.

“Jika ingin menjadi seorang wirausaha pertanian yang sukses, maka harus menciptakan inovasi dan kreativitas secara terus menerus. Inovasi adalah kunci utama dari pembangunan pertanian berkelanjutan, sehingga pada 2045 mencapai Indonesia Emas dan menjadi lumbung pangan dunia” papar Andi Amar.

Inovasi, tambah Andi Amar terdiri atas tiga, yakni inovasi teknologi, kelembagaan dan sosial. Salah satu cara menggaet anak muda terjun ke dunia pertanian yakni dengan melalui inovasi.

“Teman-teman adalah masa depan pangan Indonesia, Indonesia adalah negara agraris dan Pertanian adalah sumberdaya utamanya.

Semua hal yang berhubungan dengan Pertanian mahasiswa pertanian adalah pelopornya.

Jangan mau menjadi mahasiswa yang hanya kuliah, selesai, jadi penyuluh tapi bangkit berinovasi, ciptakan lapangan kerja, berwirausaha dengan usaha yang lebih keras lagi, kata Andi Amar.

Selain sukses memimpin sejumlah perusahaan, Andi Amar juga diketahui cukup berprestasi dalam bidang akademik. Ia berhasil lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin dengan predikat lulusan terbaik dan juga sukses menyelesaikan pendidikan di Queensland University dan mendapat predikat Bachelor of Business Manajemen.

Motivasi yang diberikan Entrepreneur muda sukses ini sejalan dengan tujuan Polbangtan Gowa yang fokus utamanya adalah menciptakan wirausaha muda pertanian.

Direktur Polbangtan Gowa, Detia Tri Yunandar mengapresiasi kehadiran Andi Amar memberikan motivasi mahasiswa sekolah vokasi pertanian tersebut.

Cerita kesuksesan Andi Amar yang saat ini memimpin sejumlah perusahaan besar di bawah naungan AAS Comunity, kata Detia menjadi inspirasi mahasiswa belajar lebih giat sambil mulai belajar berwirausaha di kampus.

“Motivasi hari ini luar biasa dengan sosok narasumber yang benar-benar inspiratif.

Semoga succes story membangun bisnis, membangun AAS Community dan kisah lainnya dapat menginspirasi mahasiswa setelah lulus dari Polbangtan ini menjadi seorang wirausaha dibidang Pertanian juga,” pungkas Detia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *