Cara Menanam Wortel dalam Pot dengan Mudah

Cara menanam wortel dalam pot dengan mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Dengan banyaknya manfaat yang ada dalam sayuran wortel ini membuat cukup banyak masyarakat selalu mencari tahu tentang cara menanam wortel, termasuk menanam wortel di dalam pot yang benar.

Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya, simak langkah-langkah menanam wortel dalam pot berikut ini.

  1. Menyiapkan bibit tanaman wortel, bibit ini bisa kamu peroleh dari proses penyemaian benih wortel. Umumnya, setelah tujuh hari penyemaian benih sudah mulai berkecambah dan tumbuh.
  2. Kemudian, bibit wortel hasil penyemaian benih ini sudah siap untuk dipindah tanam setelah berumur 15 hari setelah semai.
  3. Selanjutnya, menyiapkan media tanam untuk pot berupa campuran tanah subur serta gembur, arang sekam dan pupuk kandang yang telah matang dengan perbandingan 1:1:1.
  4. Masukkan media tanam yang telah dicampur dengan rata ke dalam pot hingga hampir penuh dan jangan lupa berikan penyiraman.
  5. Pot yang digunakan harus memiliki lubang-lubang di bawahnya, karena untuk mengalirkan kelebihan air penyiraman supaya tidak mengendap terlalu lama dalam pot.
  6. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada media dalam pot, pada setiap pot bisa dibuat tiga lubang tanam.
  7. Lalu, cabutlah bibit dari persemaian dengan perlahan supaya tidak merusak perakaran. Supaya lebih aman, caranya bisa dicongkel dan sertakan sedikit media tanam pada bagian akarnya.
  8. Setelah itu, lakukan penanaman bibit pada lubang tanam yang telah dibuat dengan sedikit dipadatkan supaya bibit tertanam dengan kuat dan tidak mudah goyah serta jangan lupa untuk disiram secukupnya.
  9. Lakukan juga penyiraman secara rutin supaya kebutuhan airnya tercukupi dengan baik dan lakukan juga penyiangan gulma yang tumbuh disekitar tanaman wortel.
  10. Setelah 15 hari dari penanaman tersebut, maka bibit wortel sudah mulai terlihat pertumbuhannya.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan tanaman wortel dengan cara diberi pupuk. Pupuk yang diberikan untuk tanaman wortel ini adalah pupuk kandang yang telah matang atau melalui proses fermentasi.

Secara umum, tanaman wortel sudah bisa dipanen setelah berumur 60 HST. Cara panen tanaman wortel ini juga cukup mudah, yaitu dengan mencabut umbi wortelnya.

Setelah tanaman wortel dipanen, jangan lupa untuk segera bersihkan wortel dari sisa-sisa tanah yang masih menempel dengan cara mencucinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *