Contoh Tumbuhan Umbi Akar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Contoh tumbuhan umbi akar yang paling umum adalah singkong, ubi dan kentang. Umbi akar ini termasuk ke dalam perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, yang artinya reproduksi ini dapat dilakukan tidak secara kawin melainkan dihasilkan dari bagian-bagian tumbuh induknya.

Secara umum, umbi-umbian ini adalah organ yang terdapat pada organ tumbuhan yang dalam prosesnya mengalami perubahan bentuk dan ukuran.

Umbi akar atau yang dikenal juga dengan nama root tuber adalah jenis dari umbi-umbian yang masuk dalam bahan nabati dan bisa didapatkan dari tanah.

Umbi akar ini dapat terbentuk melalui dua cara, yaitu dari akar tunggang dan akar cabang.

Jika ditanam dari akar tunggang, maka yang membesar ini adalah batang akarnya. Sementara, jika ditanam dari akar cabang, maka yang akan membesar adalah cabang akar.

Umbi akar ini menyimpan cadangan makanan di bagian akar yang terdapat di dalam tanah. Cadangan makanan atau sumber makanan yang disimpan ini dapat berupa karbohidrat, maka dari itu sering kali tanaman ini digunakan sebagai sumber makanan pokok bagi manusia.

Tak hanya mengandung karbohidrat, terdapat dalam umbi akar juga terdapat kandungan lainnya yang tentu bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Inilah beberapa contoh tumbuhan umbi akar beserta dengan manfaatnya bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu:

1. Kentang

Kentang ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, yaitu menurunkan risiko penyakit kronis, membantu mengendalikan kadar gula darah, menjaga kesehatan pencernaan, bebas kandungan gluten dan dapat menurunkan tekanan darah.

2. Singkong atau ketela pohon

Singkong atau ketela pohon ini sebagai sumber makanan pokok yang memiliki zat karbohidrat. Karbohidrat yang dihasilkan oleh ketela pohon atau singkong ini nantinya akan menjadi sumber energi dan mencegah berbagai penyakit untuk manusia.

3. Wortel

Seperti yang kita tahu, wortel ini mengandung vitamin A dan vitamin K1 yang dapat untuk membantu meningkatkan penglihatan pada manusia serta membantu kesehatan tulang.

4. Ubi jalar

Ubi jalar ini sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga juga dapat menurunkan tekanan darah.

5. Lobak

Sementara, untuk lobak ini juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengontrol kadar gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar