Habibi Garden, Startup Agritech Indonesia yang Menggunakan IoT untuk Perawatan Tanaman

Mengenal Habibi Garden, Pertanian merupakan sektor yang vital bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Namun, pertanian di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan iklim, lahan terbatas, penyakit tanaman, dan rendahnya produktivitas. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan inovasi dan teknologi yang dapat membantu petani dalam mengelola dan meningkatkan hasil panen mereka.

Salah satu startup yang bergerak di bidang teknologi pertanian atau agritech adalah Habibi Garden.

Habibi Garden adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2016 dengan visi untuk membangun peradaban melalui pertanian internet of things (IoT).

Start up menyediakan produk dan layanan yang menggunakan sensor IoT untuk memantau dan mengontrol kondisi tanaman dan lahan pertanian melalui smartphone.

Produk Start Up ini antara lain adalah:

Habibi Grow, sebuah alat yang dapat melakukan irigasi otomatis berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh pengguna. Alat ini juga dapat memudahkan pemupukan dan pemberian pestisida secara praktis dan efisien melalui smartphone.

Habibi Climate, sebuah sensor yang dapat mengukur suhu, kelembaban, dan tekanan udara di dalam greenhouse. Sensor ini dapat beroperasi secara online maupun offline dan dapat menyesuaikan kondisi iklim yang dibutuhkan oleh tanaman.

Habibi Cooling, sebuah pompa bertekanan tinggi yang dapat mendinginkan greenhouse dengan cara mengkabutkan air. Alat ini dapat menjaga kestabilan suhu dan kelembaban di dalam greenhouse dan dapat terintegrasi dengan Habibi Grow dan Habibi Climate.

Habibi Drip Tape, sebuah selang pipih yang memiliki filter dan pengatur tekanan pada setiap lubangnya. Alat ini dapat digunakan untuk irigasi tetes yang hemat air dan nutrisi.

Habibi Climate Station, sebuah alat yang dapat memantau kondisi cuaca aktual dan perkiraan cuaca beberapa hari ke depan melalui smartphone. Alat ini dapat bekerja dalam kondisi mendung selama tiga hari.

Layanan Start Up ini antara lain adalah:

Habibi Garden Smart Farm, sebuah layanan yang menyediakan solusi lengkap untuk pertanian berbasis IoT, mulai dari perencanaan, instalasi, pemeliharaan, hingga analisis data.

Habibi Garden Academy, sebuah layanan yang menyediakan pelatihan dan edukasi tentang pertanian berbasis IoT, baik secara online maupun offline.

Habibi Garden Community, sebuah layanan yang menyediakan komunitas dan jejaring bagi para petani, pelaku usaha, akademisi, dan pemerintah yang tertarik dengan pertanian berbasis IoT.

Habibi Garden telah bekerja sama dengan berbagai mitra, seperti Telkomsel, Jabar Digital Service, dan kelompok tani di berbagai daerah, seperti Bandung, Cianjur, Garut, Pacitan, dan Lampung.

Habibi Garden juga telah mendapatkan berbagai penghargaan dan pengakuan, seperti Juara 1 Startup World Cup Indonesia 2019, Juara 1 Startup Competition Telkomsel Innovation Center 2019, dan Juara 1 Startup Competition Indigo Creative Nation 2018.

Dengan menggunakan teknologi IoT, Habibi Garden dapat memberikan manfaat bagi para petani, seperti:

Meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen.

Menghemat biaya operasional dan pemeliharaan.

Mengurangi resiko gagal panen akibat faktor iklim dan hama.

Mendapatkan informasi dan data yang akurat dan real time tentang kondisi tanaman dan lahan.

Memudahkan pengambilan keputusan dan tindakan yang tepat dan cepat.

Start Up ini merupakan salah satu startup agritech Indonesia yang menggunakan IoT untuk perawatan tanaman.

Habibi Garden memiliki misi untuk menciptakan 1000 desa digital pertanian Indonesia dan meningkatkan minat generasi muda untuk kembali ke dunia pertanian. Dengan teknologi dan inovasi yang ditawarkan oleh Habibi Garden, pertanian di Indonesia dapat menjadi lebih modern, efisien, dan berkelanjutan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *