Apakah Micin Bermanfaat Bagi Tanaman? Cek Faktanya Di Sini

Manfaat micin bagi tanaman. Micin atau MSG ini selain sebagai penyedap rasa di makanan, ternyata juga populer dijadikan penyubur tanaman hias dan buah.

Dikutip dari beberapa sumber, micin ini juga bisa dimanfaatkan menjadi pupuk yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman.

Kandungan nitrogen dan mineral yang ada di dalam micin ini cukup tinggi sehingga dapat menutrisi dan membantu perkembangan tanaman.

Cara pengaplikasian micin ke tanaman juga cukup mudah, yaitu bisa dnegan cara ditabur atau dilarutkan terlebih dahulu dengan air.

Caranya mudah, yaitu siapkan wadah dan diisi dengan air lima liter. Lalu tambahkan satu hingga dua sendok makan micin dan aduk secara rata.

Campuran tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada bagian tanah atau daun tanaman.

Berikut ini beberapa manfaat micin bagi tanaman, yaitu:

1. Meningkatkan kesehatan tanaman

Penggunaan micin bagi tanaman ini dapat meningkatkan produksi tanaman dan membuatnya menjadi bebas dari penyakit dan hama.

Beberapa tanaman buah dan bunga yang bisa diberi tamabahan micin ini seperti pada pohon kelapa, sukulen dan beberapa jenis kaktus.

Tak hanya itu, ternyata sebagian besar sayuran juga dapat memanfaatkan micin.

2. Meningkatkan kadar air tanaman

Di dalam micin terdapat senyawa natrium, senyawa ini bisa meningkatkan kandungan air di dalam tanaman. Maka, penggunaan micin ini dapat mencegah tanaman kekurangan air.

Tetapi, penggunaan micin sebagai pupuk tanaman tetap harus diperhatikan, jika terlalu banyak bisa menyebabkan daun terbakar hingga merusak bagian tepi daun tanaman.

3. Menyehatkan bunga

Di dalam micin juga mengandung potasium yang dapat membuat tanaman bunga menjadi lebih sehat.

Micin ini bisa dimanfaatkan untuk memacu perkembangan akar, meningkatkan bunga hingga meningkatkan kesehatan tanaman hias secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kualitas tanah

Ternyata, bahan organik yang terdapat di dalam micin ini juga dapat meningkatkan kualitas tanah dan membantu retensi air sehingga tanah jadi kaya nutrisi dan menyehatkan tanaman.

Bahkan, belerang yang terkandung dalam micin ini juga berfungsi sebagai desinfektan tanah dan membersihkannya dari bakteri penyebab penyakit tanaman.

5. Menjadikan tanaman tahan dari hama dan penyakit

Kalium yang ada di dalam micin ini dapat menjaga ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Tak hanua itu, kalium dalam micin juga bisa untuk mengatur pembukaan serta penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *