Pentingnya Sumber Daya Manusia Pada Sektor Pertanian

Pada dasarnya dalam sumber daya manusia menjadi penentu keberhasilan pada sektor pertanian. Karena sumber daya mampu menguasai serta dapat mengembangkan dan memanfaatkan teknologi ilmu pengetahuan dalam proses pengelolaan secara berkelanjutan.Dalam peningkatan SDM (sumber daya manusia) tidak hanya dibatasi pada peningkatan produktivitas pertani saja tetapi kemampuan petani pada peningkatan untuk berperan dalam proses pembangunan.Dalam hal ini rendahnya partisipasi petani dalam keputusan pembangunan pertanian.

Bagian proses pembangunan sumber daya manusianya dapat dipertanyakan tentang bagaimana mengenai peranan dari yang dikembangkan atau dibangun agar dapat tercapai sumber daya yang berkualitas serta sesuai dengan hakikat pembangunan nasional.
Sumber daya manusia adalah kemampuan yang dimiliki secara terpadu dari daya fisik dan daya pikir seseorang. Sebab lingkungan serta keturunan menurunkan sifat dan pelakunya sementara keinginan untuk memenuhi kepuasaannya yang didukung dengan motivasi kerja.

Pada peningkatan sumber daya pertanian tentunya erat kaitannya dengan pemberdayaan masyarakat karena pemberdayaan adalah suatu proses dalam memfasilitasi serta mendorong masyarakat agar mampu menjadi pelaku utama dan memanfaatkan lingkungan strategisnya untuk mencapai keberlanjutan.Melalui lingkungan yang strategis menjadikan lingkungan dan mekanisme, ekonomi, sosial, sebagai mekanisme produksi pemberdayaan.

Seharusnya dapat memberikan semangat atau dorongan kepada petani supaya mampu memanfaatkan  produksi yang dimilikinya. Agar mampu berproduksi secara efisien serta menjamin pemenuhan pangan dan mampu memanfaatkan sumber daya secara produktif.Sektor pertanian merupakan salah satu sektor dengan tingkat tinggi penyerapan tenaga kerja nasional yang cukup besar yaitu 25,19%, tapi hingga saat ini masih terdapat banyak permasalahan mengenai ketenaga kerjaan pertanian.

Kemudian faktor lain dari permasalahan ketenaga kerjaan pertanian infonesia adalah pada tingkat pendidikan petani di desa yang rendah sehingga faktor tersebut dapat menyebabkan kemunduran pertanian.Sehingga menjadikan pola pikir generasi muda dalam sektor pertanian menjadi berubah, pasalnya bekerja disektor pertanian kurang menjanjikan dan kurang menjamin masa depan. Tentunya hal ini menjadi tantangan untuk semua pihak yang menjadi pemangku kepentingan sektor pertanian.

Sementara pertanian merupakan sektor penting dari berbagai sektor pendukung pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Hal ini di lakukan untuk memberikan konstribusi dan pentingnya pada pembangunan pertanian dengan meningkatkan investasi pada sektor pertanian. karena dapat memajukan kesejahteraan serta kemampuan dalam memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar