Wajib Tahu! Inilah Paranet Tanaman dan Fungsingnya

Paranet tanaman adalah sebagai bahan pembuat naungan dan pelindung tanaman.

Paranet ini bisa digunakan untuk pelindung tanaman, dikarenakan ada beberapa jenis tanaman tertentu yang tidak menyukai intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi seperti anggrek, strawberry, sawi, tomat dan masih banyak yang lainnya.

Fungsi pemakaian paranet sendiri adalah untuk menaungi tanaman supaya dapat mengontrol jumlah intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tanaman yang dinaungi oleh paranet.

Paranet tanaman ini umumnya terbuat dari bahan yang mengandung polietilen berbentuk anyaman jaring plastik. Bahan polietilen ini biasanya berasal dari nylon atau senar atau plastik.

Bahkan, ada juga beberapa paranet yang terbuat dari tambang dan kawat namun bahan ini kurang banyak diminati.

Berikut ini fungsi maupun manfaat dari paranet tanaman, yaitu:

  1. Menaungi dan menahan sinar matahari supaya tidak melukai tumbuhan

Menggunakan naungan dari paranet ini cahaya matahari yang menyinari tempat atau tumbuhan bisa di atur sesuai keperluan sang tanaman.

Karena, ada beberapa macam tumbuhan yang tidak menyenangi cahaya matahari terlalu berlebihan.

  1. Paranet bisa mengontrol serta mengurangi sinar matahari ke lahan atau tumbuhan

Pemilihan penggunaan kerapatan paranet ini dapat dipilih sesuai keperluan. Kerapatan jaring pada paranet ini memberikan dari berapakah % cahaya matahari yang bisa ditepis oleh jaring paranet.

  1. Membantu menahan air hujan 

Fungsi dan manfaat dari penggunaan paranet ini juga bisa membuat butiran hujan menjadi lebih kecil serta membagi hempasan angin yang tengah berhembus.

Dengan memanfaatkan jaring paranet ini hujan yang turun akan terpecah jadi butiran yang lebih kecil, sehingga akan benar-benar aman untuk digunakan pada tumbuhan atau tempat.

  1. Mengontrol ventilasi udara serta temperatur

Fungsi lainnya dapat mengontrol ventilasi udara hingga temperatur udara. Jadi, walau udara dirintangi dengan jaring paranet, tetapi udara itu dapat terus melalui paranet tetapi dengan desakan yang paling rendah.

  1. Melindungi tumbuhan dari serangan burung atau hama pengganggu

Paranet ini ternyata juga sanggup membuat perlindungan tumbuhan kamu dari beberapa jenis hama dan burung.

Hama tanaman seperti burung, belalang dan lain-lain pasti kesusahan menyerbu tumbuhan kamu. Hal ini dikarenakan paranet yang mempunyai lubang benar-benar teratur, hingga hama apapun akan kesusahan untuk memasuki dan tak bisa mengganggu tumbuhan yang kamu lindungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *