Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman Hias dengan Bahan Alami di Rumah

Cara menghilangkan semut pada tanaman hias, ikuti trik ini. Semut seringkali menjadi masalah di rumah, terutama bagi para pecinta tanaman hias yang kerap kali menghadapi sarang semut yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

Namun, daripada menggunakan bahan kimia yang berbahaya, ada beberapa bahan alami di rumah yang ampuh untuk membasmi semut tanpa membahayakan tanaman.

Berikut ini adalah beberapa cara dengan bahan alami yang efektif dalam menghilangkan semut dari tanaman hias, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Citrus oil

Citrus oil merupakan campuran dari jeruk dan lemon, dan ternyata merupakan racun yang efektif bagi semut namun aman bagi tanaman.

Kamu dapat menggunakan citrus oil sebagai semprotan pengusir semut.

Cukup campurkan beberapa tetes citrus oil dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan pada tanaman yang terinfestasi semut.

Aroma citrus oil akan membuat semut menjauh dari tanamanmu.

2. Boraks dan madu

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga dapat membuat umpan semut sendiri dengan menggunakan boraks dan madu.

Campurkan setengah sendok teh boraks dengan takaran yang sama madu.

Tempatkan campuran ini dalam botol atau wadah terbuka di dekat tanaman yang seringkali didatangi semut.

Semut akan merangkak menuju umpan dan mematikan sarang semut mereka.

3. Sabun cuci piring

Daripada menggunakan insektisida yang tidak aman bagi tanaman dan hewan peliharaan, kamu dapat menggunakan sabun cuci piring sebagai cara alami untuk membasmi semut pada tanamanmu.

Tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam satu liter air hangat, lalu aduk hingga tercampur rata.

Semprotkan larutan sabun langsung ke tanaman yang terinfestasi semut.

Semut tidak menyukai aroma minyak peppermint, jadi gunakan sabun cair seperti sabun castile yang mengandung minyak peppermint dan campurkan dengan air untuk membasmi sarang semut.

Perlu diingat, jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu dapat menambah jumlah sabun cuci piring yang dicampur dalam larutan, namun jangan berlebihan. ‘

Terlalu banyak detergen dapat membahayakan tanaman karena sifat fitotoksik sabun jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, kamu dapat mengatasi masalah serangan semut pada tanaman tanpa membahayakan lingkungan sekitar.

Selain itu, penggunaan bahan alami juga memberikan perlindungan bagi tanamanmu dan menjaga keberlanjutan lingkungan di sekitarmu.

Jadi, selamat mencoba dan nikmati keindahan tanaman hiasmu tanpa gangguan semut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar